Alhamdulillah, Qurban Anda sampai Pelosok

Laporan Qurban sampai Pelosok 2018

Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban dalam islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Qurban termasuk salah satu ibadah sunah yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah sangat mencintai hambanya yang mau menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan ibadah.

Melalui program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS mengajak masyarakat untuk menambah manfaat dari ibadah Qurban dengan membagi kenikmatan dengan para dhuafa di pelosok daerah yang masih kekurangan. Qurban yang dititipkan melalui LAZIS UNS, akan didistribusikan melalui Mitra LAZIS UNS maupun jaringan relawan. Setiap tahun terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS.

Program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS menjembati para  Shohibul Qurban  menunaikan kewajiban berqurban sekaligus menyalurkannya untuk masyarakat di daerah pelosok. Prioritas daerah sasaran qurban harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Daerah yang sulit dijangkau
  • Daerah dengan mayoritas penduduk 60 % termasuk kategori dhuafa (miskin),
  • Daerah yang mengalami krisis pangan dan air,
  • Daerah yang memerlukan sentuhan dakwah Islam
  • Daerah yang jarang mendapat bantuan daging qurban
  • Daerah Binaan LAZIS UNS
  • Sekolah / lembaga pendidikan yang memerlukan edukasi Qurban sebagai sarana pendidikan sejak dini kepada siswa-siswanya.

Pelaksanaan Qurban sampai Pelosok 2018

Alhamdulillah, di tahun 2018 LAZIS UNS melaksanakan program Qurban sampai Pelosok (QSP) pada tanggal 22-25 Agustus 2018 (10-13 Dzulhijjah 1439 H). Ini merupakan tahun ke-8 LAZIS UNS melaksanakan program QSP, karena program QSP ini dimuali sejak tahun 2012. Pada QSP 2018 ini, Sebanyak 166 Domba / Kambing dan 11 Sapi dari 230 Sohibul Qurban dikelola dan dikelola oleh 57 mitra dan lebih dari 310 relawan terlibat dalam program ini. Tercatat 8000 jiwa menerima manfaat dari program ini. Pendistribusian hewan qurban dan daging qurban menjangkau 57 wilayah, terdiri dari: Boyoloali di 8 titik, Karanganyar di 8 titik, Sragen di 5 titik, Sukoharjo di 3 titik, Surakarta di 13 titik, Klaten 2 titik, Wonogiri    4 titik, Grobogan 10 titik,  Gunungkidul (DIY)  1 titik, Madiun / Ngawi (Jawa Timur) 2 titik, serta pesanan khusus di 1 titik.

Pengelolaan hewan qurban dilaksanakan mulai 22 Agustus dan berakhir 25 Agustus 2018. Sebagian besar qurban di daerah, dlaksanakan pada hari Rabu 22 Agustus 2018 oleh mitra pengelola qurban bersama masyarakat sekitar.

Selain itu, Kamis 23 Agustus 2018 dilaksanakan qurban bersama pimpinan UNS, acara tersebut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan di UNS, serta dihadiri oleh perwakilan sohibul qurban. Acara tersebut bertujuan untuk menyemarakkan hari raya Idul Adha sekaligus sarana silaturahim dan penyampaian laporan program dari LAZIS UNS ke pimpinan UNS dan sohibul qurban secara umum. Pada kesempatan tersebut Rektor UNS, Prof.Dr.Ravik Karsidi,MS. menyampaikan dukungan program Qurban sampai Pelosok dan menargetkan peningkatan kualitas program ini untuk tahun depan. Perwakilan sohibul Qurban pada acara tersebut adalah Bp. Zulfikar (Manajer Area Bank Syariah Mandiri Solo), beliau menyampaikan bahwa kerja sama LAZIS UNS dan Bank Syariah harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas  layanan dari LAZIS UNS. Selain memberikan sambutan, dilaksanakan juga penyaluran 1 sapi dari Bank Syariah Mandiri. Pada hari tersebut kami mengelola 3 sapi dan 6 kambing yang dibagikan kepada masyarakat sekitar UNS terutama bapak-ibu cleaning service UNS.

Pelaksanaan QSP 2018 diakhiri dengan penyembelihan 2 sapi dan 13 kambing di Rumah Sakit (RS) UNS pada hari Sabtu 25 Agustus 2018, bertepatan dengan hari tasrik terakhir. Acara tersebut dilaksanakan oleh Sie Kegiatan Islam (SKI) RS UNS bekerjasama dengan LAZIS UNS, dihadiri oleh ketua LAZIS UNS, Usman Sudarmaji serta direksi RS UNS yang diwakili oleh Ir. Ahmad Farhan, MT.

Distribusi dan Penyiapan Hewan Qurban

Untuk mendukung Program QSP tahun ini LAZIS UNS menyiapkan hewan qurban terbaik berupa sapi dan kambing dari peternak mitra terpercaya dari daerah Madiun, Ngargoyoso (Karanganyar),dan Wonosegoro (Boyolali). Kami memastikan sebulan sebelum hari raya Idul Adha ketersediaan hewan qurban, kesehatan hewan, berat hewan, serta dipastikan semua hewan qurban berjenis kelamin jantan untuk menambah keutamaan ibadah qurban. Tentunya hewan dipilih sesuai dengan syarat-syarat khusus hewan qurban secara syariat.

Proses distribusi hewan qurban ke daerah dengan sistem partisipasi dari mitra pengelola, dimana pengelola atau mitra pengelola qurban di pelosok diminta untuk mengambil hewan qurban di kandang transit (Masjid Nurul Huda UNS). Hingga memastikan kelayakan transportasi hewan, dan memastikan hewan selamat sampai tujuan tanpa cacat yang mempengaruhi kualitas hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban diawasi secara langsung oleh mitra pengelola, dan dipastikan penyembelihan secara syar’i. Dalam hal ini Pengelola LAZIS UNS juga turun langsung ke lokasi qurban sampai pelosok untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan. Khusus acara qurban bersama pimpinan UNS, kami bermitra dengan Juru Sembelih Halal (Juleha) Solo Raya untuk menyembelih hewan-hewan qurban agar sesuai syariat dan lebih efektif.

Penutup

Kami mengucapan terima kasih kepada Rektor UNS dan Pimpinan UNS secara umum, Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Ketua LAZIS UNS, Sohibul Qurban serta donatur, Relawan LAZIS UNS, serta  kepada seluruh mitra pengelola QSP 2018. Program ini tentunya banyak kekurangan di sana-sini. Namun kami optimis semoga apa yang kita kerjakan akan bermanfaat bagi umat. Kami berharap dukungan dari semua pihak dalam rangka meningkatan kuantitas donasi dan kualitas program. Semoga usaha kita untuk mensejahterakan umat melalui pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan qurban ini dicatat sebagai amal kebaikan dan diridhoi oleh Allah SWT.

Surakarta, 30 Agustus 2018

Catur Wibowo

(Manajer Umum)

Download laporan QSP2018 pdf