PRESS RELEASE : Respon LAZIS UNS Gempa Palu dan Donggala (Sulawesi)

Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00 dan 17.02 WIB telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 SR. Dampak gempa yang berpusat di darat pada kedalaman dangkal mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro.

Menurut BMKG, berdasarkan analisis peta guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala, Palu, Poso). Info dari masyarakat di lapangan, telah pula terjadi tsunami di sejumlah titik di Donggala.

Karena putusnya sarana komunikasi dan belum memadainya proses pendataan, sementara total korban dan kerusakan belum dapat dipastikan. Saat ini proses evakuasi masih sedang terus dilakukan oleh sejumlah petugas dan relawan. Pendataan dan penanganan darurat pun masih sedang dilakukan. Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman. Gempa susulan sampai malam ini masih sering berlangsung.

Sampai pukul 21.00 wib jumat malam ,Forum Zakat (FOZ) tak tinggal diam dalam memberikan respon cepat terhadap bencana ini. Selain menggkoordinasikan seluruh anggota dan jaringan FOZ, maka malam ini terdata ada 44 orang relawan yang berangkat mewakili masing-masing lembaga anggota FOZ. Malam ini tim tadi berangkat dari berbagai titik. Ada yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Makasar dan Gorontalo. Tim tadi sementara merupakan tim awal dan baru dari 5 lembaga anggota FOZ.

Pengalaman FOZ mengkoordinasikan penanganan bencana di Lombok sebelumnya, maka fokus FOZ adalah memastikan adanya koordinasi yang terjalin baik antara member FOZ maupun dengan Lembaga lainnya yang ada di lapangan. Hal-hal di lapangan terkait pembagian peran, area serta titik aktivitas bisa dibicarakan dengan mudah dengan difasilitasi oleh FOZ.

Tim relawan member FOZ tadi, mereka cukup beragam. Ada yang merupakan tim medis, tim asessment awal, tim pendahulu atau sejenis itu dan tim evakuasi. Mereka datang sebagai relawan dan tanpa mengenal pamrih. Mereka datang dan hadir ke Sulteng, semata-mata memenuhi panggilan kemanusiaan.

LAZIS UNS yang merupakan bagian dari anggota FOZ secara intens berkomunikasi  dengan FOZ sekaligus menunggu informasi dari lembaga-lembaga resmi pemerintah untuk mendapatkan informasi valid . LAZIS UNS melakukan penghimpunan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam di Palu, Donggala, Poso, Mamuju dan sekitarnya. Penghimpunan dana dimuali dari tanggal 29 September 2018 dan akan disalurkan bersama mitra-mitra di lokasi bencana. ()

Catur Wibowo

(Manajer Umum LAZIS UNS)

081548622358