Studi Banding LAZIS YBW UII ke LAZIS UNS

Sabtu, 12 Januari 2019 LAZIS UNS mendapat kunjungan dari  Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah, Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (LAZIS YBW UII). Enam amil zakat dari LAZIS YBW UII hadir di kantor LAZIS UNS pada pukul 09.00 dan sisambut oleh lima manajer dari LAZIS UNS selanjutnya diadakan sesi diskusi dan sharing pengalaman-pengalaman pengelolaan LAZIS. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Yuli Andriansyah, SE., MSI selaku ketua LAZIS YBW UII mengatakan bahwa sengaja memilih studi banding ke LAZIS UNS karena adanya persamaan karakter dalam pengelolaan zakat di kampus. “Kami ingin menggali lebih dalam mengenai program-program di LAZIS UNS yang bisa menjadi inspirasi bagi kami” tambahnya.

Sementara itu, Catur Wibowo – manajer umum LAZIS UNS- mengatakan bahwa LAZIS UNS menyambut baik semua lembaga yang ingin belajar pengelolaan dan program pemberdayaan zakat di kampus. “Sebenarnya, LAZIS UNS sendiri terinspirasi dari keberadaan LAZIS UII di tahun 2004-2005, misalnya program zakat potong gaji (Auto Zakat) di LAZIS UNS adalah salah satu hasil studi banding ke LAZIS UII kala itu. ” terang Catur. Bahkan sebelumnya pada akhir 2018, LAZIS UNS juga kembali belajar ke LAZIS YBW UII. “Kami ingin mengetahui lebih banyak mengenai program penghimpunan zakat di kampus UII, dari teknis sosialisasinya sampai pemberdayaan” ujar Doni Dwi Cahyadi selaku manajer Marketing dan Fundraising LAZIS UNS.

Hasil dari studi banding pada Sabtu tersebut salah satunya adalah komitmen Lembaga Amil Zakat di Kampus untuk mengelola zakat secara profesional dan menjadi trend setter dunia pengelolaan zakat di Indonesia. Selain itu intesitas komunikasi dan koordinasi lembaga zakat di kampus perlu ditingkatkan sebagai wahana untuk meningkatkan kapasitas lembaga dalam menjalankan amanahnya. (cw)