LAZIS UNS Syiarkan Qurban sampai Pelosok Grobogan

Grobogan yang lebih di kenal dengan Purwodadi selama ini menjadi salah satu daerah tujuan penyaluran Program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS sejak tahun 2012. Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kab. Cilacap. Namun jika dihitung hanya luas daratan maka Kab. Grobogan merupakan kabupaten terluas untuk wilayah daratannya di Jateng dengan jumlah penduduk 1,4 juta jiwa yang menyebar di 19 kecamatan dan 280 desa.

Mata pencaharian tertinggi adalah petani yang mencapai 60% mata pencaharian penduduk. Penduduk di Kab. Grobogan dilaporkan 43,8% lulusan SD, 28,4 % tidak / belum tamat SD, tamat SMP 16,3 %, tamat SMA 9,3 % dan 2 % yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Penduduk miskin di Kab. Grobogan termasuk dalam kategori tinggi yaitu 13, 86%.

Dengan luas wilayah +- 1.975,86 km2 membentang dari barat ke timur sepanjang 83 km dan dari utara selatan sepanjang 37 km. Posisi Kab. Grobogan merupakan lembah yang diapit oleh dua deret pegunungan Kapur Kendeng Utara dan deret pegunungan Kapur Kendeng Selatan. Wilayah Grobogan juga di lewati oleh 4 aliran sungai besar yakni sungai Jragung dari Kab. Semarang, Sungai Tuntang dari Ambarawa, sungai Serang dari wilayah Boyolali dan sungai Lusi dari wilayah Rembang Blora. Dengan demografi demikian maka setiap tahun Kab. Grobogan dihadapkan pada dua ancaman bencana yakni banjir untuk penduduk di wilayah tengah dan barat di sepanjang aliran sungai dan bencana kekeringan untuk penduduk di wilayah timur.

Kab. Grobogan masih tertinggal untuk infrastruktur jalan. Dari jalan kabupaten yang harus dibangun yakni sepanjang 893 km (setara dengan jarak Semarang Jakarta pulang pergi) baru 42% yang bisa dibangun oleh pemerintah. Masih ada +-58% jalan yang belum tersentuh oleh pembanqunan.

Dengan luasan dan penduduk yang besar dan mayoritas di pedesaan maka Kab. Grobogan sangat layak untuk wilayah distribusi kurban. Jumlah masjid di Kab. Grobogan tercatat 1.345 dan 6.321 mushola /langgar. Tahun 2015 LAZIS UNS baru bisa menyalurkan 21 ekor hewan kambing dan Tahun 2016 baru 29 ekor hewan kambing ke wilayah Kab. Grobogan.

Mari Syiarkan Ibadah Qurban sampai ke pelosok Grobogan.

Untuk kemudahan berqurban,
Hubungi Call Center LAZIS UNS : 085725005065

Kantor LAZIS UNS
Komplek Masjid Nurul Huda UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36 A Jebres Surakarta