Bertahun Tahun Dusun Ngepung Tidak Menikmati Qurban

(Ngawi, LAZIS UNS) – Bulan Dzulhijjah adalah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap muslim selain Bulan Ramadhan. Selain kegembiraan para Tamu Allah yang berangkat menunaikan ibadah Haji, juga adanya Hari Idhul Adha yang identik dengan perayaan ibadah Qurban dengan menyembelih hewan ternak Kambing atau Sapi dan bersantap olahan daging qurban.

Namun kegembiraan itu tidak pernah dirasakan oleh warga di Dusun Ngepung, Desa Legokulon, Kecamatan Kasreman. Dusun Ngepung merupakan salah satu wilayah di Ngawi yang mempunyai penduduk 150 KK. Dusun yang tergolong pelosok ini dalam sejarahnya belum pernah ada proses penyembelihan hewan Qurban karena rata-rata kondisi masyarakatnya masih belum mampu.

Pekerjaan mayoritas warga setempat adalah buruh tani. Namun tidak bisa maksimal dalam mengolah lahan pertanian. Dikarenakan Dusun Ngepung termasuk di wilayah pegunungan Kendeng dengan tanah kapur dan berbukit-bukit sangat sulit untuk di tanami. Dari luas tanah dusun 90 hektar yang bisa dikelola warga hanya 9 hektar. Sebagian besar ditanami pohon jati.

Dari hasil survey Mitra Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS, sumber mata air di sana terbatas dan sangat susah, selain itu dari 150 KK hanya 15 KK yang mempunyai MCK pribadi. Dusun ini berjarak kurang lebih 7 Km ke pusat desa dengan akses jalan makadam (Jalan batu) yang rusak berat dan sebagian hanya bisa dilewati sepeda motor. Hal ini pula yang menyebabkan kondisi warga kurang diuntungkan baik secara perekonomian maupun pendidikan.

 

Dusun Ngepung ini menjadi salah satu dusun yang selalu terdampak bencana kekeringan saat musim kemarau tiba. Untuk kebutuhan air bersih, warga dusun memanfaatkan sendang atau sumber mata air yang ada di dekat dusun yang kemudian di tampung dalam Bak Penampungan hasil pemberian Tim Mahasiswa KKN yang pernah melaksanakan Kegiatan Pengabdian disana. Menurut Kamituwo (Kepala Dusun), Bapak Suryanto ketika terjadi kemarau panjang warga sangat kesulitan mendapatkan air. Hanya bisa mengharapkan bantuan air bersih dari pemerintah daerah dan lembaga kemanusiaan yang hanya digunakan untuk kebutuhan air minum dan harian.

Mari berbagi kebahagiaan Idhul Adha bersama LAZIS UNS dalam Program Qurban Sampai Pelosok 2017 dan Kegiatan Sosial Kemanusiaan lainnya di Dusun Ngepung, Ngawi dan daerah-daerah lainnya yang mempunyai kondisi sejenis. Partisipasi Qurban Sampai Pelosok 2017 Sebesar Rp 1.850.000,- / ekor Kambing atau Rp 17.500.000,-/ Ekor Sapi Mandiri.
Hubungi Call Center LAZIS UNS : 085725005065