Aksi Rohingya Memanggil!, Terhimpun Donasi Rp 74 Juta Untuk Rohingya

Surakarta, LAZIS UNS – LAZIS UNS bersama Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Solo menggelar Aksi Rohingya Memanggil! bertempat di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (29/9). Aksi ini berupa talkshow yang menghadirkan Ust. Muhammad Rudi selaku Sekjen BSMI serta Ust. Hatta Syamsudin dari Ikatan Dai Indonesia.

Materi pertama disampaikan oleh Ust. Muhammad Rudi, Sekjen BSMI dan Anggota Advance Team yg merupakan Tim pertama yg di kirim ke Rakhine States. Beliau memaparkan tentang kondisi teraktual di Rakhine sekaligus menceritakan betapa saat ini bantuan sulit masuk langsung ke Rakhine. Alhamdulillah, BSMI telah menyalurkan beberapa paket kebutuhan primer terutama pangan dan sandang untuk masyarakat yang terisolir di sana melalui Sittwe.

Talkshow materi kedua bersama Ust. Hatta Syamsudin, tentang Ukhuwah Islamiyah dalam perspektif Islam, yang tidak mengenal batas teritorial, dimana kalimat Allah dikumandangkan, ia adalah negara umat Muslim yang hak-haknya harus selalu diperjuangkan. Ukhuwah ini sudah semestinya menjadi pengikat kita, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan dan kepedulian kita. Bantulah dengan segala apa yang kita punya, dengan harta kita, dengan doa kita, bahkan dengan diri kita.

Pada acara ini, hadir pula dr. Mueen, dokter asli Palestina yang sedang menempuh pendidikan spesialis abestesiologi di FK UNS, juga ikut berbagi tentang pengalamannya bersama BSMI dan tentang pentingnya keterikatan iman antar sesama muslim dimanapun.

Acara siang itu diakhiri dengan penyerahan hasil penggalangan dana dari BSMI Solo bekerjasama dengan Lazis UNS, Biro AAI UNS, dan CC KBM FK UNS. Alhamdulillah, donasi yang terhimpun secara keseluruhan (beserta donasi lewat BSMI Klaten) mencapai Rp 74.513.585,-.

Jazakumullah khairan katsira kepada segenap donatur yang telah berpartisipasi dalam program donasi Peduli Rohingya. Semoga menjadi pemberat amal shalih Anda di akhirat, dan semoga dana tersebut dapat membantu meringankan beban saudara-saudara Muslim Rohingya. Aamiin.