Menjawab Problematika Pengeleloaan Qurban di Masyarakat, LAZIS UNS adakan Seminar

Solo, 21 Juli 2019. Menyambut Hari Raya Qurban 1440 H yang akan jatuh sekitar tanggal 11 Agustus 2019, LAZIS UNS mengadakan seminar pengelolaan qurban. Seminar dengan tema ”Qurbanku sehat dan Syari”  ini diadakan di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS. Seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengelola qurban, terutama dalam sisi fiqh, kesehatan hewan dan cara penyembelihan.

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 ini dihadiri oleh 91 peserta. Peserta datang dari takmir majid, panitia qurban, juru sembelih, mahasiswa dan kalangan lain yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai pengelolaan Qurban. Dalam kesempatan tersebut LAZIS UNS menghadirkan tiga pembicara dan materi utama yaitu: “Bagaimana Hewan Qurban yang Sehat ?” Oleh: Drh. Aldi Salman (Medik Veteriner Muda Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah) ; ” Memahami Kembali Syariat Qurban” Oleh : Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag, M.Si ( Akademisi Universitas Sebelas Maret Surakarta ) dan  ” Bagaimana Penyembelihan yang Tepat dan Halal ?” Oleh: Eri Gunarto, HS. Cf (Ketua Juru Sembelih Halal / Juleha Wilayah 4 Jateng –DIY) .

Manajer Umum LAZIS UNS, Catur Wibowo, dalam sambutan acara menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memahami kembali syariat Qurban sekaligus edukasi masyarakat terkait dengan pengelolaan hewan qurban. “yang paling penting adalah jangan sampai ibadah qurban ini tidak sesuai syariat dan syarat-syarat kesehatan hewan qurban, sehingga kita melalaikan amanah dari sohibul qurban” tambah Catur.

Sementara itu, Pak Selamet, salah satu peserta dari Ceper-Klaten mengatakan dirinya sangat senang bisa mengikuti acara ini, disamping menambah pengetahuan tentang qurban, dirinya mengaku bangga bisa seminar di Universitas Sebelas Maret. “Soalnya tiap tahun masjid kami diamanahi qurban sampai 5 sapi, jadi kami harus memperbaiki pengelolaan qurban di masjid kami biar cepat selesai tapi tetap sesuai syariat dan sehat”  ujarnya. (admin)