Qurban sampai Pelosok 2019, capai 79 Lokasi dan 10.522 Penerima Manfaat

Alhamdulillah, di tahun 2019 LAZIS UNS melaksanakan program Qurban sampai Pelosok (QSP) pada tanggal 11-14 Agustus 2019 (10-13 Dzulhijjah 1440 H). Ini merupakan tahun ke-9 LAZIS UNS melaksanakan program QSP, karena program QSP ini dimuali sejak tahun 2012. Pada QSP 2019 ini, Sebanyak 246 Domba / Kambing dan 13 Sapi dari 325 Sohibul Qurban dikelola dan dikelola oleh 79 mitra dan lebih dari 240 relawan terlibat dalam program ini. Tercatat 10.522 jiwa menerima manfaat dari program ini. Pendistribusian hewan qurban dan daging qurban menjangkau 79 titik, terdiri dari:  1 titik di Banyumas, 13 titik di Boyolali,11 titik di Grobogan, 1 titik di Gunungkidul, 15 titik di Karanganyar, 3 titik di Klaten,1 titik di Magetan, 1 titik di Ngawi, 1 titik di Pacitan, 1 titik di Semarang, 15 titik di Solo, 4 titik di Sragen, 2 titik di Sukoharjo, 8 titik di Wonogiri, 1 titik di Wonosobo, dan 1 titik di Madiun.

Sementara itu, LAZIS UNS kembali mengadakan program “Kurban Bersama Pimpinan”. Acara yang dilaksanakan pada Senin, 12 Agustus 2019 ini merupakan rangkaian dari program Qurban sampai Pelosok (QSP) di tahun 2019 ini. Sebelumnya, pada hari Ahad 11 Agustus 2019 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 H, setelah sholat Ied di Halaman Rektorat UNS, Rektor UNS – Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum- menyerahkan secara simbolis seluruh penghimpunan hewan Qurban kepada LAZIS UNS untuk dikelola.

Pada kesempatan Kurban bersama Pimpinan UNS ini, dikelola 5 Sapi dan 35 domba/kambing. Hewan Kurban tersebut berasal dari: 2 Sapi kelompok pimpinan UNS, 1 Sapi dari LAZNAS BSM (Bank Syariah Mandiri), 2 sapi dan 23 Domba/Kambing dari Rumah Sakit UNS, serta 12 domba/kambing dari donatur personal lainnya. Paket hewan kurban tersebut dibagikan ke masyarakat sekitar UNS, baik di kentingan, pabelan dan masyarakat sekitar UNS lainnya. Di kesempatan kali ini, LAZIS UNS juga menerima bantuan program kemitraan “500 Paket Pangan untuk Hari Raya Idul Adha” senilai Rp50.000.000,- dari Baitulmaal Muamalat / Bank Muamalat.

Sementara itu, Ketua II LAZIS UNS –Usman Sudarmaji- mengatakan bahwa Program QSP tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2018, di tahun 2018 penghimpunan qurban sebanyak : 166 Kambing dan 11 Sapi dan didistribusikan ke 57 daerah. Usman menambahkan bahwa kriteria daerah sasaran program adalah : Daerah yang sulit dijangkau / terpencil, Daerah dengan mayoritas penduduk 60 % termasuk kategori dhuafa (miskin), Daerah yang mengalami krisis pangan/air,Daerah yang jarang mendapat bantuan daging qurban,  Daerah Binaan LAZIS UNS.

Untuk mendukung Program QSP tahun ini LAZIS UNS menyiapkan hewan qurban terbaik berupa sapi dan kambing dari peternak mitra terpercaya dari daerah Madiun  dan Ngargoyoso (Karanganyar. Kami memastikan sebulan sebelum hari raya Idul Adha ketersediaan hewan qurban, kesehatan hewan, berat hewan, serta dipastikan semua hewan qurban berjenis kelamin jantan untuk menambah keutamaan ibadah qurban. Tentunya hewan dipilih sesuai dengan syarat-syarat khusus hewan qurban secara syariat.

Proses distribusi hewan qurban ke daerah dengan sistem partisipasi dari mitra pengelola, dimana pengelola atau mitra pengelola qurban di pelosok diminta untuk mengambil hewan qurban di kandang transit (Masjid Nurul Huda UNS). Hingga memastikan kelayakan transportasi hewan, dan memastikan hewan selamat sampai tujuan tanpa cacat yang mempengaruhi kualitas hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban diawasi secara langsung oleh mitra pengelola, dan dipastikan penyembelihan secara syar’i. Dalam hal ini Pengelola LAZIS UNS juga turun langsung ke lokasi qurban sampai pelosok untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan. Khusus acara qurban bersama pimpinan UNS, kami bermitra dengan Juru Sembelih Halal (Juleha) Solo Raya untuk menyembelih hewan-hewan qurban agar sesuai syariat dan lebih efektif.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNS dan Pimpinan UNS secara umum, Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Ketua LAZIS UNS, Sohibul Qurban serta donatur, Relawan LAZIS UNS, serta  kepada seluruh mitra pengelola QSP 2019. Program ini tentunya banyak kekurangan di sana-sini. Namun kami optimis semoga apa yang kita kerjakan akan bermanfaat bagi umat. Kami berharap dukungan dari semua pihak dalam rangka meningkatan kuantitas donasi dan kualitas program. Semoga usaha kita untuk mensejahterakan umat melalui pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan qurban ini dicatat sebagai amal kebaikan dan diridhoi oleh Allah SWT. ()

laporan lengkap bisa di UNDUH di sini DOWNLOAD