Lomba Memasak Menu Ifthor Daring Adik Asuh dan Yatim LAZIS UNS : “Sederhana dan Sehat untuk Keluargaku”

Lomba memasak menu ifthor LAZIS UNS diadakan pada Ahad, 10 Mei 2020. Lomba yang diikuti oleh Adik Asuh dan Yatim tingkat SD beserta para bundanya masing-masing kali ini memang terlihat berbeda. Di samping diadakan dalam kondisi pandemi juga diadakan secara daring.

Keseruan lomba memasak menu ifthor Ramadhan sudah kelihatan sejak panitia mengumumkan hari perlombaan. Adik asuh dan bundanya sudah mulai memikirkan menu apa yang akan dimasak sesuai dengan tema yaitu “SEDERHANA dan SEHAT untuk KELUARGAKU”.

Manajer Pendayagunaan LAZIS UNS, Edi Santoso mengatakan bahwa niatan menyelanggarakan lomba ini sebagai ajang bersilaturahim kembali setelah lama tidak bersua antar adik asuh dan bundanya, menghidupkan syiar-syiar Ramadhan, dan tentunya menyediakan menu ifthor terbaik bagi keluarga. Lebih lanjut lagi beliau mengatakan bahwa semua menu yang dibuat oleh adik asuh dan bundanya spesial dan terbaik semua, akan tetapi memang harus dipilih tiga menu terbaik untuk selanjutnya diberikan hadiah dari LAZIS UNS.

Berikut beberapa testimoni dari peserta yang mereka sampaikan dan meyakinkan bahwa menu yang dibuat memang sederhana namun tetap sehat.

“Sayur bayam dan taoge buat saya sehat karena mengandung vitamin dan zat besi. Tahu dan telur mengandung protein nabati dan hewani. Jus jambu merah mengandung vitamin” (Salma Zalfa).
“Menu berbuka hari ini sayur sop yang isinya wortel, kentang, bakso. Ditambah lauk tahu plus tempe, mengandung protein karbohidrat” (Bunda Sri Rahayu).
“Tumis kangkung sederhana, kaya manfaat, bergizi dan  menyehatkan. Kangkung banyak mengandung zat besi sehingga baik untuk dikonsumsi. Ditambah tempe goreng yang kaya protein nabati bagus untuk tumbuh kembang anak dalam masa pertumbuhan. Murah serta mudah didapat gak perlu mahal ya bunda. Happy cooking” (Rafiana).
“Susu, telur dadar, dan pangsit berisikan sayuran (wortel, daun bawang, dan ayam cincang ) penuh protein. Menu berbukanya Agha Zabran Aji” terang sang bunda.

Adapun pemenang lomba memasak kali ini ada tiga. Juara pertama diraih Adik Wahyu Indah dengan menu Gado-gado.

Juara kedua diberikan kepada adik Shila dengan menu sayur bayam, dadar jagung, tahu, kurma, pisang, es campur, serta kerupuk. Juara ketiga diperoleh adik Aida dengan menu cah kangkung, telur, sayur, serta kolak.

Semoga keberkahan senantiasa tercurah, selain untuk menghidupkan syiar Ramadhan juga  dalam rangka berlomba-lomba untuk mempersembahkan menu terbaik keluarga dalam agenda ifthor kita. Amiin.