Berbagi Ifthor di Waktu Mustajab

Rabu (14/5), agenda berbagi Ifthor LAZIS UNS kali ini di Rumah Sakit UNS. Berbagi ifthor sore ini diprioritaskan untuk tim medis, civitas rumah sakit, dan tentunya para penunggu pasien.

Edi San, Manajer Pendayagunaan LAZIS UNS menyampaikan bahwa salah satu agenda berbagi ifthor  adalah di rumah sakit, praktis di sana ada rekan-rekan medis, dan para penunggu pasien yang sedang berpuasa. Apalagi di tengah wabah pandemi Covid-19 ini kondisinya tentunya berbeda, misalnya penunggu pasien yang menurut peraturan hanya boleh satu pasien satu penunggu, dan tidak boleh ada yang menjenguk. Dengan kondisi seperti ini, sudah barang tentu kita  harus membantu mereka untuk meringankan hajat puasa mereka di rumah sakit.

Berbagi ifthor bagi keluarga dan penunggu pasien tentunya juga memiliki spirit tersendiri. Salah satu spiritnya bahwa waktu berbuka adalah salah satu waktu yang musjatab untuk berdoa yang tidak akan ditolak oleh Allah Ta’ala. Sehingga ketika waktu berbuka telah tiba, sebelum menyantap hidangan berbuka, semoga ada doa-doa terbaik untuk para pasien.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, pertama pemimpin yang adil, kedua orang yang berpuasa ketika dia berbuka, ketiga doa orang yang terdzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Yang berikutnya, dari berbagi ifthor kali ini tentunya adalah rasa terima kasih kami kepada sahabat donatur yang telah menitipkan sebagian hartanya kepada LAZIS UNS. Insya Allah harta yang telah dititipkan akan kami sampaikan sesuai amanahnya sehingga mendatangkan kebaikan untuk kita semua. Amiin (tim power)