LAZIS UNS Adakan Pesantren Online Adik Asuh (Pesona)

Pada Sabtu (16/5) sampai dengan Ahad (17/5), LAZIS UNS mengadakan acara “Pesantren Online Adik Asuh LAZIS UNS”. Sebanyak 107 Adik Asuh tingkat SMP dan SMA mengikuti kegiatan ini melalui grup WhatsApp (WAG). Kegiatan dimulai pada Sabtu pukul 14.00 WIB dan berakhir pada Ahad pukul 05.30 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan waktu Adik Asuh selama bulan Ramadhan. Terlebih lagi ketika sudah memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan supaya lebih maksimal lagi dalam beribadah.

Konsep acara ini dibuat hampir sama dengan Pesantren Ramadhan tahun lalu, yang biasanya dilakukan secara tatap muka. Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam acara ini antara lain Kajian Online bertemakan “Menjaga Keistiqomahan dalam Beribadah Setelah Bulan Ramadhan Berakhir” yang disampaikan oleh Ustaz Joko Susilo. Kemudian ada lomba menulis tentang “Hikmah Ramadhan”, arahan terkait program adik asuh, serta kesan dan pesan para Adik Asuh yang lulus sekolah pada tahun ini.

Hampir pada tiap sesi Adik Asuh mengikuti kegiatan secara aktif, begitu pula saat Kajian Online yang dilaksanakan pada sore hari menjelang berbuka, Adik Asuh merespon dengan baik dan ada beberapa dari mereka yang mengajukan pertanyaan. Selepas shalat tarawih di rumahnya masing-masing, Adik Asuh dihimbau oleh panitia untuk mengumpulkan karya tulisnya yang selanjutnya akan dinilai oleh para dewan juri untuk  diambil tiga terbaik.

Kegiatan lomba menulis ini bertujuan untuk melatih keterampilan serta kreativitas Adik Asuh dalam hal menulis. Di samping itu juga menceritakan apa saja yang mereka dapatkan selama bulan Ramadhan, sehingga harapannya mereka mampu untuk  mengambil hikmahnya.

Semua kegiatan di LAZIS UNS itu sangat bermanfaat dan menyenangkan. Kita menjadi keluarga yang dapat memahami satu sama lain, punya banyak teman, punya pengalaman yang hanya bisa didapat melalui LAZIS UNS, serta kenangan lain yang tidak bisa kita lupakan. Selain kesan, saya juga ada pesan yaitu sekecil apapun benih yang kita tanam berusahalah agar hasilnya bisa bemanfaat bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Karena usaha tidak akan permengkhianati hasil”, terang Uswatun Khasanah, salah seorang Adik Asuh.

Walaupun dengan segala keterbatasan via online, harapannya semoga Adik Asuh tetap mendapatkan manfaat dan kebaikan dari acara ini. Amiin. (mar)