Ramadhan Berkah 1441 H dengan “Tebar Al Quran sampai Pelosok”

Rasulullah shalallahu  alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya di antara amal shalih yang mendatangkan pahala setelah orang yang mengamalkannya meninggal dunia, yaitu: ilmu yang disebarluaskan olehnya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushaf Al Quran yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang didirikan dengan tujuan dijadikan sebagai tempat bermalam orang yang sedang dalam perjalanan, sungai yang dialirkan guna kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya.” (HR. Ibnu Majjah)

Kamis (14/5) LAZIS UNS menyalurkan Tebar Al Qur’an kepada sejumlah daerah di Jawa Tengah. Sasaran penyaluran paket wakaf Al Quran ini adalah daerah atau masjid yang masih kekurangan Al Quran, tetapi minat masyarakat atau jamaah masjid sangat besar untuk membaca Al Quran. Sebanyak 84 mushaf Al-Qur’an telah disalurkan ke empat wilayah di Jawa Tengah, meliputi Sragen, Boyolali, Karanganyar, sampai dengan Kabupaten Semarang.

Penerima Tebar Quran ini di antaranya adalah TPA Mambaul Ulum Sumberlawang-Sragen, LAZ Harapan Umat Banaran-Boyolali, Muslim Charity Simo-Boyolali, Komunitas Ngaji Sinambi Ngopi Gondangrejo-Karanganyar, Mushola Al Ikhlas Tawangmangu-Karanganyar, serta Masjid Terban Pabelan-Semarang.

Penanggung jawab program Tebar Al Quran ke Pelosok Negeri 2020 – Ahmad Sulthani menyampaikan bahwa Al Quran yang diwakafkan adalah yang mempunyai kualitas di atas rata-rata, dari jenis kertas serta cetakannya, sehingga cukup mudah untuk dibaca. Program Tebar Al Quran ini juga merupakan salah satu program LAZIS UNS di bidang dakwah, sebagai ikhtiar untuk membentengi dari pendangkalan akidah.

Bapak Asrofi selaku Kepala Desa Terban, Kecamatan Pabelan. Kabupaten Semarang sangat berterima kasih atas bantuan dari pihak LAZIS UNS ini. “Terima kasih kepada LAZIS UNS yang telah menyalurkan Al Quran sampai di desa kami, semoga bermanfaat, dan membantu masyarakat untuk lebih cinta kepada Al Quran” ungkap beliau.

Manajer Pendayagunaan LAZIS UNS, Edi Santoso menerangkan bahwa program “Tebar Al Quran ke Pelosok Negeri 2020” merupakan program penghimpunan dan penyaluran Al Qur’an kepada masjid, majelis ta’lim, serta masyarakat yang membutuhkan. Dengan program ini diharapkan dapat membantu dalam mensyiarkan kegiatan belajar membaca atau menghafalkan Al Qur’an di tengah masyarakat. Skala prioritas lokasi penyaluran Tebar Al Quran adalah di lokasi yang memang sulit pengadaan mushaf Al Quran dan pondok pesantren yang menyelenggarakan program Tahfidzul Qur’an, sehingga Tebar  Al Qur’an ini dapat tepat sasaran, dan harapannya pahala kebaikan kepada donatur tidak akan pernah putus,” jelasnya.

Kegiatan penyaluran  ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Penyaluran dilakukan dengan sistem pos/paket untuk mematuhi aturan physical distancing. Penyaluran dilakukan oleh relawan lokal dengan cara dikirim ke rumah-rumah penerima, atau langsung ke masjid/mushola. Dalam hal ini kami melibatkan beberapa mitra LAZIS UNS, seperti Muslim Charity dan LAZ Harapan Umat. Alhamdulillah, semua pihak yang terlibat dalam penyaluran ini mengikuti arahan protokol kesehatan dengan baik, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar serta kondusif.

Penyaluran Tebar Al Qur’an ini merupakan wujud dari kepedulian donatur LAZIS UNS untuk membantu membangkitkan kembali semangat beribadah warga masyarakat yang terdampak bencana wabah Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini. Sejalan dengan program LAZIS UNS berupa “Tebar 1.000 Quran ke Pelosok Negeri 2020”, selanjutnya akan didistribusikan secara bertahap ke berbagai wilayah yang membutuhkan.

Kepada para donatur kami mengucapkan banyak terima kasih, jazakumullahu khairan katsir. Semoga menjadi catatan kebaikan dan sebagai amal jariyah yang pahalanya tiada terputus. Mari bersama bumikan Al Quran di pelosok negeri. (as)